Inilah film-film terbaik yang menginspirasi, memotivasi, dan membantu mengajarkan kita pelajaran hidup, menghidupkan semangat kita untuk kembali mengejar semua impian kita. Karena kadang tanpa kita sadari film dapat  menjadi suatu media yang dapat merubah pola hidup dan pemikiran seseorang. Mengingatkan bahwa setiap hari ada hari yang lain untuk bangun, berusaha dan membuat perbedaan. Membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Berikut ini Film-film yang dapat menginspirasi kita untuk hidup lebih, belajar lebih banyak, tertawa lebih banyak, dan lebih banyak cinta. Penasaran film apa saja yang masuk dalam kategori ini, berikut ulasannya:

1. Into The Wild

Into the Wild adalah American film drama biografi yang disutradarai oleh Sean Penn yang dirilis pada tahun 2007. Ini merupakan adaptasi dari 1996 buku non-fiksi dengan judul yang sama karya Jon Krakauer, diilhami berdasarkan kisah nyata pada perjalanan Christopher McCandless Amerika Utara pada awal 1990-an. Film ini dibintangi Emile Hirsch sebagai McCandless dengan William Hurt dan Marcia Gay Harden sebagai orang tuanya.

Cerita berkisah tentang perjalanan seorang pria bernama Chirstopher McCandless. Bertekad melakukan perjalanan setelah ia lulus perguruan tinggi. Ia membakar semua kartu kreditnya dan menyumbangkan seluruh tabungannya sebanyak $24.000 . Ia tidak ingin orang-orang terdekatnya tahu tentang perjalanan yang akan di lakukannya termasuk orang tuanya sendiri. Untuk menutupi identitas aslinya, ia pun mengadopsi nama “Alexander Supertramp”.

Dari sekian banyak rute yang ia lalui, Alaska lah sesungguhnya mimpi dari semua perjalanan yang ia cita-citakan. Dan akhirnya ia pun menginjak Alaska pada April 1992 dengan sedikit makanan dan peralatan, berharap untuk hidup dalam kesendirian. Dalam petualangannya, hidup menjadi lebih keras dan McCandless menjadi kurang cerdas. Setelah hampir empat bulan kemudian ia bertahan hidup, McCandless ‘ditemukan dengan berat hanya 30 kg, lalu ia menembuskan nafas terakhirnya di kantong tidur karena keracunan akar tanaman di dekat Danau Wentitika. Film yang penuh petualangan dan emosi ini mendapatkan banyak kritik positif serta penghargaan.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video… Tutup

Into The Wild (sumber: wordpress.com)

2. God will Hunting

Good Will Hunting adalah sebuah film tahun 1997 disutradarai oleh Gus Van Sant mengambil tempat di Boston, Massachusetts, yang menceritakan kisah Will Hunting, seorang “prodigy” yang selalu bermasalah. Dalam kesehariannya Will tampil sebagai seorang yatim piatu yang miskin dan sederhana. Ia bekerja sebagai cleaning service di sebuah universitas ternama, MIT (Massacahussets Institute of Technology). Hanya dengan membaca buku saja, kemampuannya sebanding dengan orang – orang yang mengenyam pendidikan di universitas tempatnya bekerja. Bahkan Will mampu memecahkan teka – teki teori matematika yang disayembarakan oleh profesor Lambeau di universitas tersebut.

Perjalanan hidupnya yang tak biasa membuat film ini lebih menarik. Will memiliki kepribadian yang introvert, agresif, sukar percaya pada orang lain dan antisosial. Oleh karena sifatnya itu beberapa kali Will harus berurusan dengan polisi, ia pernah di penjara karena kasus pemukulan, hingga ia pun dibebaskan oleh seorang dosen yang sangat peduli akan kejeniusannya. Namun karena pembebasan itu lah, Will dituntut bekerja untuknya dan menjalani terapi psikologis. Will yang bandel dan cerdas mampu mempermainkan beberapa ahli terapi yang menanganinya. Sampai akhirnya profesor Lambeau meminta tolong pada temannya yang juga psikolog yaitu Sean McGuire untuk membantunya menemukan arah dalam hidupnya. Sama seperti ahli terapi lainnya, Will pun mempermainkan Sean dengan membongkar luka lama Sean sehingga itu membuat suatu masalah baru bagi Sean sendiri. Karena keterbukaan dan kehangatan yang diberikan oleh Sean akhirnya kekerasan hati Will pun runtuh, dan Will pun berani membuka dirinya pada Sean seperti layaknya seorang sahabat. Film ini mendapat sangat banyak penghargaan di ajang perfilman bergengsi.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video… Tutup

God will Hunting (sumber: wordpress.com)

3. With Honors

Film yang dibintangi Joe Pesci dan Brendan Fraser dan disutradarai oleh Alek Keshishian. Menceritakan tentang Montgomery “Monty” Kessler adalah seorang mahasiswa kehormatan dalam  program Pemerintah di Harvard University yang tengah menulis tesis seniornya.

Cerita dimulai ketika Monty menjatuhkan tumpukan kertas tesisnya pada sebuah ruangan boileryang berada di bawah tanah  sebuah pusat perpustakaan, kemudian ia bertemu seorang pria tunawisma bernama simon yang sedang membaca tesisinya dan Simon itu membakarnya satu persatu. Simon meminta sebuah bayaran untuk setiap tesis yang ia pegang kepada Monty, saat itu ia menolak cek rekening, ia lebih memilih donat dan pakaian bersih sebagai imbalannya. Kemudian Monty membawa serta Simon ke apartemennya, lalu terjadilah kejadian menarik selama Simon diam di apartemen Monty dan teman-temannya, pada awalnya Simon di anggap mengganggu, dan baru Monty tahu ternyata Simon memiliki tingkat kejeniusan dan pengetahuan yang tinggi.

Simon sempat bercerita ketika ia meninggalkan anak dan istrinya untu pergi berperang, kedekatan keduanya  dan para penghuni apartemen itu pun terjalin hangat dan sangat erat dengan sendirinya. Hingga Simon meninggal, Monty dan teman-temannya mengaggap Simon adalah keluarga meraka sendiri. Film ini merupakan drama komedi sekaligus menginspirasi, wajib anda tonton bersama teman dan keluarga terdekat.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video… Buka

4. Veronica Guerin

Veronica Guerin adalah sebuah film biografi Irlandia 2003 yang disutradarai oleh Joel Schumacher. Skenario oleh Carol Doyle dan Maria Agnes Donoghue terfokus pada wartawan Irlandia Veronica Guerin, tentang penyelidikan perdagangan obat bius di Dublin yang menyebabkan pembunuhan di tahun 1996.  Veronica Guerin adalah seorang reporter kriminal penuh semangat yang bekerja untuk surat kabar Sunday Independent.

Yang  menyadari dengan begitu banyaknya perdagangan obat ilegal di Dublin yang sangat mengkhawatirkan terlebih dengan banyaknya anak-anak yang jadi target utama para pengedar narokaba, ia bertekad untuk mengekspos orang-orang yang bertanggung jawab untuk penyebaran narkoba di kotanya. Guerin mulai dengan mewawancarai para pecandu di jalanan dan di bangunan kosong. Investigasi nya mengarah ke pemasok utama dan John Traynor yang merupakan sumber penting dari informasi tentang dunia kriminal. Traynor bersedia membantunya untuk tingkat tertentu karena untuk melindungi dirinya dari raja obat bius John Gilligan yang dikenal sangat sadis.

Petualangan Guerin pun menjadi sangat berbahaya, sampai ia masuk rumah sakit karena luka pukul yang cukup parah ketika ia memaksa masuk kedalam rumah seorang gebong narkoba terbesar, Jhon Gilligan. Akibat kejadian ini, ia menjadi terkenal dan mendapat simpati dari warga kota Dublin bahkan seluruh dunia. Namun petualangan heroiknya berakhir pada suatu hari ketika ia pulang sehabis sidang mengendarai mobil menuju rumahnya. Ia ditembak oleh seorang pengendara motor dengan mengunakan senjata api, yang tak lain adalah suruhan para bandar narkoba yang merasa Guerin terlalu jauh terlibat dalam bisnis mereka. Seketika setelah kabar kematiannya menyebar, seluruh warga kota Dublin bahkan seluruh penduduk Irlandia terlihat begitu terpukul dan aoura kepedihan menyebar keseluruh pelosok negeri. Hingga Pemerintah Irlandia mengadakan sidang darurat parlemen dan mengubah kebijakan konstitusi republik Irlandia tentang peredaran narkoba. Film ini akan menginspirasi kita akan sebuah kepahlawanan dalam pemberantasan narkoba.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video… Tutup

Veronica Guerin (sumber: wordpress.com)

5. Rain man

Rain Man adalah film drama 1988 yang ditulis oleh Barry Morrow dan Ronald Bass yang disutradarai oleh Barry Levinson. Raymond Babbit dan Tom Cruise yang berperan sebagai Charles Babbit. Charles Babbit adalah seorang dealer mobil yang sangat ambisius. ia mempunyai hubungan yang tidak baik dengan keluarganya. Ketika ayahnya meninggal, ia kaget dan marah karena ia sebagai anak satu-satunya tidak mendapatkan apa-apa.

Apalagi ketika pengacara ayahnya bilang, ayahnya menghibahkan US$ 3 juta kepada seseorang, yaitu Raymond seorang yang sangat   autis. Tanpa diketahui Raymond, dia-lah seorang kakak kandung Charlie yang keberadaannya baru diketahui oleh Charlie disebuah Rumah Sakit Jiwa bernama Walbrook.

Charlie yang egois dan licik tidak terima dengan hal itu, ia menginginkan setidaknya setengah dari uang Raymond masuk ke rekeningnya. Maka dengan tidak mengindahkan saran dari dokter, ia membawa kabur Raymond guna mengupayakan merebut haknya itu. Rupanya Charlie tidak mengetahui kalau penyakit Raymond adalah penyakit yg serius, Raymond tidak bisa diperlakukan layaknya seperti orang biasa. Ia akan memberontak jika hal yang  rutin diperbuatnya tidak dijalankan. Dan ternyata dibalik kekurangannya, Raymond memiliki tingkat kejeniusan yang sangat tinggi hingga Charles pun memanfaatkannya  untuk mencari sejumlah uang. Hingga akhirnya mereka berdua saling menyayangi satu sama lain. Setelah menonton film ini, banyak pelajaran yg bisa dipetik oleh kita sebagai manusia yg normal dan diberi fisik maupun mental yg sempurna. Bahwa kita tidak boleh melupakan manusia seperti Raymond di muka bumi ini, mereka ada dan mereka juga harus diperlakukan layaknya manusia normal walaupun mental mereka terganggu. (**)

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video… Tutup

Rain man (sumber: wordpress.com)

 

Source : uniknya.com